Sosialisasi Rencana Induk Sistem Pengelolaan Sampah (RISPS) dan Perkada di Kabupaten Indramayu: Langkah Menuju Pengelolaan Sampah yang Lebih Baik

Dengan dukungan dan kerjasama semua pihak, diharapkan Kabupaten Indramayu dapat menjadi contoh dalam pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan. (Sumber foto: Diskominfo Indramayu).

Oleh: Arda Dinata

Pada kesempatan itu, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi mengucapkan terima kasih atas perhatian Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat kepada Kabupaten Indramayu dalam mengawal RISPS ini.

“Dengan sistem yang baru, strategi, juga sasaran kinerja yang ditetapkan, mudah-mudahan bisa mengurangi sampah yang menjadi permasalahan saat ini. Dengan RISPS juga kita memiliki target kinerja yang jelas sehingga menjadi satu kesatuan dalam pembangunan jangka panjang daerah,” ungkapnya.

Sampah menjadi masalah yang semakin mendapatkan perhatian, baik dari pemerintah maupun masyarakat. Mengingat hal tersebut, pemerintah memiliki peran dan andil dalam pengelolaan sampah dengan baik, bersama seluruh stakeholder termasuk masyarakat yang juga memiliki perannya masing-masing.

Peran Kementerian PUPR dalam Pengelolaan Sampah

Guna mendukung peran dan andil pemerintah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat menggelar Sosialisasi Rencana Induk Sistem Pengelolaan Sampah (RISPS) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) di Kabupaten Indramayu. Kegiatan ini diadakan di Aula Wiwi Perkasa pada Kamis (25/4/2024).

Fokus Sosialisasi

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada seluruh pihak terkait tentang sistem pengelolaan sampah yang terencana dan terarah. RISPS menjadi landasan bagi penyusunan kebijakan dan program pengelolaan sampah di Kabupaten Indramayu. Sementara, Perkada menjadi instrumen hukum yang mengikat untuk mengatur tata kelola sampah secara lebih terperinci.

Keterlibatan Masyarakat

Pentingnya keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah juga menjadi sorotan dalam sosialisasi ini. Masyarakat diharapkan menjadi bagian aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, memisahkan jenis sampah, serta mendukung program-program daur ulang dan pengolahan sampah.

Komitmen untuk Lingkungan yang Lebih Bersih

Langkah-langkah yang diambil oleh Kementerian PUPR ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat. Dengan dukungan dan kerjasama semua pihak, diharapkan Kabupaten Indramayu dapat menjadi contoh dalam pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan.

Dapatkan Informasi Tentang Indramayu Hanya di: https://indramayu.miqraindonesia.com/

#Sampah #PengelolaanSampah #KementerianPUPR #Indramayu #RISPS #Perkada #KesejahteraanMasyarakat

Jangan ragu untuk memberikan komentar di bawah artikel ini dan mengikuti kami di saluran WhatsApp "ProduktifMenulis.com (Group)" dengan klik link ini: WhatsApp ProduktifMenulis.com (Group) untuk mendapatkan info artikel terbaru dari website ini.

Arda Dinata adalah Kelahiran Desa Tempel Kulon Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu, sehari-hari sebagai Penulis Aneka Media Online dan Penulis Buku, serta berprofesi sebagai Sanitarian Ahli & Penanggung Jawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, Sekarang Nginep Ning Pangandaran - Jawa Barat.

www.ArdaDinata.com:  | Share, Reference & Education |
| Sumber Berbagi Inspirasi, Ilmu, dan Motivasi Sukses |
Twitter: @ardadinata 
Instagram: @arda.dinata
Telegram: ardadinata

ANDA INGIN MENJADI PENULIS MANDIRI? 

INILAH: Ebook Kiat Sukses Membangkitkan Gairah Menulis Sepanjang Masa Khusus Untuk Anda!

“Kang Arda, kok bisa rajin dan konsisten menulis tiap hari. Apa sih rahasianya?” ucap pembaca setia tulisan saya di blog.

Jawaban atas pertanyaan itu, saya tulis di ebook ini.

📝 Sudahkah Anda merasa tertantang untuk konsisten menulis setiap hari? Apakah Anda ingin mengetahui rahasia bagaimana menjadi penulis mandiri yang produktif dan kreatif?

📚 Dalam ebook kami, "Menjadi Penulis Mandiri: Kiat Sukses Membangkitkan Gairah Menulis Sepanjang Masa", kami mengungkap semua tips dan trik untuk membantu Anda menemukan kembali gairah menulis Anda.

💡 Dengan tebal 70 halaman, kami membawa Anda dalam perjalanan untuk menggali kreativitas Anda dan menemukan kunci sukses dalam membangkitkan semangat menulis yang tak terbatas.

🌟 Mulai dari mengatasi tantangan hingga mengoptimalkan produktivitas, kami membagikan kiat-kiat praktis untuk membantu Anda mencapai potensi tertinggi Anda sebagai penulis mandiri.

🔍 Mari bersama-sama menjelajahi dunia menulis dan mengasah keterampilan Anda dengan ebook ini. Dapatkan segera kunci untuk sukses dalam menulis, dan memulai perjalanan Anda sebagai penulis mandiri yang gemilang! 🖋️📘

EBOOK ini dapat di UNDUH dI SINI atau lewat  aplikasi google play book di bawah ini: 

 
 
 

Toko Sosmed
Klik Di Sini Melihat Koleksi Ebook Karya Arda Dinata Lainnya
A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


BACA ARTIKEL LAINNYA:
Lebih baru Lebih lama